Ingin Membelikan Anak Mainan Edukatif? Pilih Lego, Yuk!

  • Whatsapp
Ingin-Membelikan-Anak-Mainan-Edukatif-Pilih-Lego-Yuk
Foto dari Canva Pro

Anak-anak memang identik dengan masa bermain yang menyenangkan sesuai dengan perkembangan usia mereka. Sebagai orangtua yang bijak, Anda hanya perlu mendampingi si kecil bermain bersama di rumah. Berikan mainan edukatif yang bisa mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal sesuai usia mereka. Anda bisa memilih lego murah untuk anak-anak yang berusia lima tahun ke atas, lho! Hindari memberikan gawai sejak anak berusia dini sebab bisa mengganggu tumbuh kembang si kecil baik sensorik, motorik dan kognitif.

7 Manfaat bermain lego dalam membentuk perkembangan anak lebih optimal

Lego murah bisa menjadi pilihan mainan yang tidak hanya sekadar menghibur, tetapi bisa merangsang kreativitas buah hati tercinta. Anda bisa memilih ragam lego di pasaran mulai harga paling murah hingga premium. Berikut 7 manfaat bermain lego dalam membentuk tumbuh kembang anak yaitu :

Read More

1. Mendorong minat anak bermain

Biarkan minat anak bermain semakin tinggi sebab mereka tergoda menyusun permainan lego menjadi bentuk bangunan atau benda tertentu. Anak-anak akan semakin tekun dalam membuat benda yang ia inginkan sesuai ide atau imajinasi.

2. Mendukung anak bereksplorasi

Orangtua harus mendukung anak berani mengambil keputusan untuk bereksplorasi membentuk bangunan atau benda dengan lego.

3. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Imajinasi dan kreativitas bisa menjadi dasar anak memiliki prestasi kemudian hari, lho! Biarkan anak memiliki keterampilan dengan dukungan mainan edukatif seperti lego. Otak anak yang kreatif bisa menjadi salah satu modal kesuksesan anak setelah memasuki bangku pendidikan kelak.

4. Merangsang motorik halus anak

Gerak tangan si kecil yang cepat dan lincah bisa mendukung pertumbuhan fisik mereka. Anak yang berusia 4-5 tahun bisa mulai bermain lego, membolak-balik balok membentuk benda dan gerakan yang bermanfaat lain.

5. Mengembangkan sikap berpikir anak

Lego merupakan salah satu permainan yang memiliki harga terjangkau, tetapi bisa memberikan manfaat kecerdasan emosional si kecil. Anak akan berpikir analitis dan sistematis dalam menyusun balok-balok lego menjadi bentuk benda yang menakjubkan. Bila mereka kesulitan membentuk benda tersebut, otak anak yang sudah terlatih akan berpikir menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Bagus sekali, bukan?

6. Mendukung sosialisasi anak

Biarkan anak mengajak teman sebaya untuk bermain lego bersama di rumah. Anda hanya perlu mendampingi dan mengawasi anak bermain, termasuk merangsang sosialisasi anak. Anak akan berkomunikasi dengan teman mengenai bentuk bangunan yang diinginkan, melatih komunikasi dan bahasa yang baik.

7. Meningkatkan kerja sama tim

Dalam membangun bentuk bangunan atau benda tertentu yang diinginkan, anak akan melakukan komunikasi dengan teman sebaya. Kerja sama tim dibutuhkan dalam membuat bentuk bangunan tersebut. Anak akan belajar bagaimana mengatasi masalah bersama, musyawarah, menemukan solusi, dan memutuskan keputusan atas dasar kepentingan bersama.

Sikap yang Anda tanamkan sejak kecil bisa mendukung anak menjadi pribadi yang mampu bekerja sama dengan tim lebih baik kelak. Tidak hanya di bangku akademik saja, anak punya potensi sukses setelah terjun ke dunia kerja nantinya. Langkah yang sangat bagus dalam mengembangkan kepribadian anak lebih baik, ya!

Oleh sebab itu, sudah saatnya Anda membeli mainan lego murah yang bisa meningkatkan kreativitas anak sejak usia belia. Anak akan belajar membuat benda sesuai dengan ide dan kemampuan diri sendiri sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri tinggi. Yuk, dukung tumbuh kembang anak Anda tercinta dengan memberikan permainan edukatif yang paling tepat alih-alih gawai saja!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *