10 Jenis Lampu Indikator Mobil yang Wajib Anda Ketahui

  • Whatsapp
10-Jenis-Lampu-Indikator-Mobil-yang-Wajib-Anda-Ketahui
Foto dari Canva Pro

Mobil sudah menjadi kendaraan pribadi yang mendukung aktivitas harian Anda, termasuk urusan akomodasi bisnis. Bila mobil mengalami masalah, maka mobilitas bisa terganggu dan mempengaruhi produktivitas harian. Penting sekali untuk merawat mobil agar bisa berfungsi dengan baik. Lampu indikator menyala bisa saja menunjukkan mobil bermasalah, misalnya busi yang bermasalah.

Jenis lampu indikator mobil kesayangan Anda

Bila Anda masih kategori awam dalam pemeliharaan mobil, sebaiknya ketahui indikator lampu menyala yang perlu diketahui penyebab dan solusi mengatasi masalah tersebut. Berikut jenis lampu indikator pada mobil kesayangan Anda dilansir dari Qoala yaitu :

1. Lampu indikator check engine

Bila lampu indikator check engine menyala, maka bisa dipastikan ada masalah mesin mobil yang tengah mengalami gangguan. Perlu peralatan dari bengkel terpercaya untuk mengatasi masalah krusial ini sehingga Anda harus segera melakukan servis berkala.

2. Lampu indikator sabuk pengaman

Pastikan fitur mobil bisa berfungsi dengan baik, salah satunya lampu indikator sabuk pengaman bisa menyala. Keberadaan lampu indikator ini bisa mengingatkan Anda bila lupa tidak memakai sabuk pengaman.

3. Lampu indikator suhu mobil

Selain check engine dan sabuk pengaman, pastikan pula lampu indikator suhu mobil bisa berfungsi maksimal. Bila lampu indikator suhu mobil menyala berarti suhu mesin mobil sudah overheat sehingga perlu proses pendinginan secepatnya. Bisa pula air radiator mengalami kebocoran sehingga perlu segera ditangani agar tidak memicu risiko kecelakaan yang tidak diinginkan.

4. Indikator tanda SRS

Fitur keselamatan sangat penting dalam berkendara sehingga pastikan tanda SRS tetap berfungsi dengan baik. Pasalnya, lampu indikator SRS yang menyala bisa menjadi tanda ada kerusakan pada airbag, seatbelt dan keselamatan berkendara Anda.

5. Lampu indikator aki

Fungsi aki adalah memastikan bagian kelistrikan mobil Anda bisa berfungsi dengan baik sehingga perlu tahu penyebab dan solusi mengatasi bila indikator lampu aki terus menyala.

6. Lampu indikator Oli

Selain lampu indikator aki, pastikan Anda selalu mengecek kondisi oli sebelum bepergian jarak jauh. Bila lampu indikator oli menyala, maka bisa dipastikan oli telah menurun drastis dan perlu segera penggantian ke bengkel terdekat.

7. Lampu indikator ABS

Lampu indikator ABS menyala terus maka ada masalah pada speed sensor atau kabel pada mesin mobil Anda. Fungsi ABS sangat penting dalam pengereman berkendara sehingga Anda tidak boleh mengabaikan kerusakan pada ABS ini.

8. Lampu indikator bensin

Lampu indikator bensin akan menyala bila kondisi bahan bakar mulai menipis sehingga perlu pengisian segera. Pasalnya, kondisi bensin yang sampai habis bisa membuat mesin mobil Anda lebih cepat rusak seiring pengendapan yang menumpuk.

9. Lampu indikator tekanan ban

Setiap pabrikan memiliki ketentuan sendiri dalam memberikan aturan tekanan ban yang standar. Pastikan Anda mengecek tekanan ban sebelum berkendara agar tekanan ban bisa optimal, tidak terlalu berlebihan atau terlalu sedikit. Lampu indikator akan menyala bila tekanan ban yang kurang sebab bisa meningkatkan risiko kecelakaan lebih besar.

10. Lampu indikator rem dan pintu terbuka

Ada pula lampu indikator rem yang menyala bila minyak rem mulai habis dan lampu indikator pintu terbuka bila Anda menutup pintu mobil kurang tepat.

Dari beberapa jenis lampu indikator di atas, Anda bisa mengetahui bila ada yang tidak beres saat berkendara di jalan raya. Bila lampu indikator menyala terus menerus padahal sudah melakukan pengecekan, sebaiknya lakukan servis ke bengkel terpercaya guna mengetahui penyebab dan solusinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *